Analisis SWOT adalah metode perencanaan
strategis yang digunakan untuk mengevaluasi
kekuatan (strengths),
kelemahan (weaknesses), peluang (opportunities), dan ancaman (threats) dalam suatu proyek atau suatu spekulasi bisnis. Keempat faktor itulah yang
membentuk akronim SWOT (strengths, weaknesses, opportunities, dan threats). Proses
ini melibatkan penentuan tujuan yang spesifik dari spekulasi bisnis atau proyek
dan mengidentifikasi faktor internal dan eksternal yang mendukung dan yang
tidak dalam mencapai tujuan tersebut. Analisis SWOT dapat diterapkan dengan
cara menganalisis dan memilah berbagai hal yang mempengaruhi keempat faktornya,
kemudian menerapkannya dalam gambar matrik SWOT, dimana aplikasinya adalah
bagaimana kekuatan (strengths) mampu mengambil keuntungan (advantage) dari
peluang (opportunities) yang
ada, bagaimana cara mengatasi kelemahan (weaknesses) yang mencegah keuntungan (advantage) dari
peluang (opportunities)yang
ada, selanjutnya bagaimana kekuatan (strengths) mampu menghadapi ancaman (threats) yang
ada, dan terakhir adalah bagaimana cara mengatasi kelemahan (weaknesses) yang
mampu membuat ancaman (threats) menjadi nyata atau menciptakan sebuah ancaman
baru.
TUJUAN ANALISIS
Untuk
memberikan gambaran hasil analisis keunggulan, kelemahan, peluang dan ancaman
perusahaan secara menyeluruh yang digunakan sebagai dasar atau landasan
penyusunan objective dan strategi perusahaan dalam corporate planning.
Outline Proses Rinci
Kerangka SWOT – sebuah matrix dua kali dua – sebaiknya dikerjakan dalam suatu
kelompok yang terdiri dari anggota kunci tim atau organisasi. Pertama, penting
untuk diketahui dengan jelas tentang apa tujuan perubahan kunci, dan terhadap
tim atau organisasi apa analisis SWOT akan dilakukan. Setelah pertanyaan-pertanyaan
ini dijelaskan dan disepakati, mulailah dengan brainstorming gagasan, dan
kemudian setelah itu dipertajam dan diperjelas dalam diskusi.
Perkiraan mengenai
kapasitas internal dapat dipakai untuk membantu mengidentifikasi dimana posisi
sebuah proyek atau organisasi saat ini: sumberdaya yang dapat segera
dimanfaatkan dan masalah yang belum juga dapat diselesaikan. Dengan melakukan
hal ini kita dapat mengidentifikasi dimana/kapan sumberdaya baru, keterampilan
atau mitra baru akan dibutuhkan. Bila berpikir tentang kekuatan, perlu
memikirkan tentang contoh-contoh keberhasilan yang nyata dan apa penjelasannya.
Pertanyaan-pertanyaan yang sering diajukan untuk memikirkan isu-isu di atas
antara lain:
Saat ini jenis pengaruh
kebijakan apa yang dapat dikerjakan oleh organisasi / proyek kita dengan sangat
terbaik?
Dimana kita mengalami
sukses terbesar?
Jenis keterampilan dan
kapasitas mempengaruhi kebijakan apa yang kita miliki?
Di bidang apa staff
kita dapat memanfaatkan dengan sangat efektif keterampilan dan kapasitasnya?
Siapa saja mitra
terkuat kita dalam mempengaruhi kebijakan? Kapan
mereka telah bekerja bersama kita untuk melakukan dampak kebijakan?
Apa yang dianggap
karyawan sebagai kekuatan dan kelemahan utama? Dan mengapa?
Apa pendapat mereka
yang berada diluar organisasi?
Sebuah perkiraan
tentang lingkungan eksternal cenderung difokuskan pada apa yang terjadi di luar
organisasi atau pada bidang yang belum mempengaruhi strategi tetapi dapat saja
mempengaruhi strategi – baik secara positif maupun negatif.
Analisis SWOT merupakan
salah satu metode untuk menggambarkan kondisi dan mengevaluasi suatu masalah,
proyek atau konsep bisnis yang berdasarkan faktor internal (dalam) dan faktor
eksternal (luar) yaitu Strengths, Weakness, Opportunities dan Threats. Metode
ini paling sering digunakan dalam metode evaluasi bisnis untuk mencari strategi
yang akan dilakukan. Analisis SWOT hanya menggambarkan situasi yang terjadi
bukan sebagai pemecah masalah.
Analisis SWOT terdiri
dari empat faktor, yaitu:
• Strengths (kekuatan)
merupakan kondisi kekuatan yang terdapat dalam organisasi, proyek atau konsep
bisnis yang ada. Kekuatan yang dianalisis merupakan faktor yang terdapat dalam
tubuh organisasi, proyek atau konsep bisnis itu sendiri.
• Weakness (kelemahan)
merupakan kondisi kelemahan yang terdapat dalam organisasi, proyek atau konsep
bisnis yang ada.Kelemahan yang dianalisis merupakan faktor yang terdapat dalam
tubuh organisasi, proyek atau konsep bisnis itu sendiri.
• Opportunities
(peluang) merupakan kondisi peluang berkembang di masa datang yang terjadi.
Kondisi yang terjadi merupakan peluang dari luar organisasi, proyek atau konsep
bisnis itu sendiri. misalnya kompetitor, kebijakan pemerintah, kondisi lingkungan
sekitar.
• Threats (ancaman)
merupakan kondisi yang mengancam dari luar. Ancaman ini dapat mengganggu
organisasi, proyek atau konsep bisnis itu sendiri.
Grid di atas merangkum
beberapa bidang subjek yang perlu mempertimbangkan baik faktor internal maupun
faktor eksternal. Grid ini dapat digunakan sebagai judul topik bila kita
bekerja dalam kelompok-kelompok kecil (gagasan yang baik bila kelompokmu lebih
besar dari delapan orang).
Kembali ke pleno /
kelompok diskusi, buatlah ranking kekuatan-kekuatan dan kelemahan-kelemahan
yang paling penting (mungkin dengan symbol: ++, + dan o). Dalam kelompok yang
lebih besar peserta mungkin suka menentukan skornya sendiri, mungkin dengan
menggunakan sticky dots.
Hasilnya kemudian dapat
didiskusikan dan diperdebatkan. Sangat penting agar kita
memperhatikan aksi dan
solusi apa saja yang dapat muncul. Akhiri dengan diskusi yang berorientasi pada
aksi. Bagaimana dengahn berdasarkan kekuatan kelompok dapat membangun untuk
memajukan sasaran dan strategi kita? Apa yang dapat dimasukkan dalam strategi
untuk meminimallkan kelemahan kita? Dan seterusnya.
Setelah itu dibuat
pemetaan analisis SWOT maka dibuatlah tabel matriks dan ditentukan sebagai
tabel informasi SWOT. Kemudian dilakukan pembandingan antara faktor internal
yang meliputi Strength dan Weakness dengan faktor luar Opportunity dan threat.
Setelah itu kita bisa melakukan strategi alternatif untuk dilaksanakan.
Strategi yang dipilih merupakan strategi yang paling menguntungkan dengan
resiko dan ancaman yang paling kecil.
Selain pemilihan
alternatif analisis Swot juga bisa digunakan untuk melakukan perbaikan dan
improvisasi. dengan mengetahui kelebihan (Strength dan opportunity) dan
kelemahan kita (weakness dan threat), maka kita melakukan strategi untuk
melakukan perbaikan diri. Mungkin salah satu strateginya dengan meningkatkan
Strength dan opportunity atau melakukan strategi yang lain yaitu mengurangi
weakness dan threat.
Analisa SWOT adalah
identifikasi berbagai faktor secara sistematis untuk merumuskan strategi
perusahaan. Analisa ini didasarkan pada logika yang dapat memaksimalkan
kekuatan (Strengths) dan peluang (Opportunities), namun secara bersamaan dapat
meminimalkan kelemahan (Weaknesses) dan ancaman (Threats).
Perencanaan strategis
(strategic planner) suatu perusahaan harus menganalisis faktorfaktor strategis
perusahaan (kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman) pada kondisi yang ada
saat ini. Hal ini disebut dengan Analisis Situasi atau popular disebut Analisis
SWOT. Dalam menganalisis data digunakan teknik deskriptif kualitatif guna
menjawab perumusan permasalahan mengenai apa saja yang menjadi kekuatan dan
kelemahan yang ada pada objek penelitian dan apa saja yang menjadi peluang dan
ancaman dari luar yang harus dihadapinya. Dalam penelitian dilakukan identifikasi
variable-variabel yang merupakan kekuatan dan peluang yang kemudian digunakan
skala likert atas lima tingkat yang terdiri dari: Sangat baik (5), Baik (4),
Cukup baik (3), Kurang baik (2), dan Tidak baik (1), berupa Skala Likert
Keunggulan dan Peluang Kemudian penelitian dilanjutkan dengan identifikasi
variable-variabel yang merupakan kelemahan dan ancaman dari luar yang kemudian
digunakan skala likert atas lima tingkat yang terdiri dari: Sangat berat (=5),
Berat (=4), Cukup berat (=3), Kurang berat (=2), dan Tidak berat (=1), berupa
Skala Likert Tantangan dan Ancaman Analisis SWOT ini adalah membandingkan
antara faktor eksternal, berupa Peluang (opportunities) dan Ancaman (threats)
dengan faktor internal, yang berupa Kekuatan (strengths) dan Kelemahan (weaknesses).
Sumber :
- https://id.wikipedia.org/wiki/Analisis_SWOT
- http://elearning.gunadarma.ac.id/docmodul/modulrencanastrategis/materi4_analisisswot.pdf
Sumber :
- https://id.wikipedia.org/wiki/Analisis_SWOT
- http://elearning.gunadarma.ac.id/docmodul/modulrencanastrategis/materi4_analisisswot.pdf
Tidak ada komentar:
Posting Komentar